14 Maret, 2009

Epson EMP-1715


Pernahkah Anda kerepotan menyambungkan kabel laptop ke perangkat proyektor saat akan mempresentasikan materi rapat? Atau, apakah Anda kerap mengalami hambatan saat posisi Anda dan proyektor agak berjauhan sedangkan kabel koneksi videonya tidak cukup panjang? Nah, semua masalah ini akan sirna selamanya bila Anda menggunakan proyektor nirkabel Epson EMP-1715 ini. Inilah salah satu proyektor wireless Epson yang ditujukan untuk keperluan displai multimedia dengan dukungan mobilitas karena bobotnya hanya 1,7kg.

Dibandingkan dengan proyektor konvensional sebenarnya tak tampak perbedaan fisik yang mencolok. Ini telihat dari kontrol navigasi untuk pengaturan displai termasuk juga memilih besaran volume. Sebagai proyektor multimedia, EMP-1715 menawarkan koneksi yang cukup lengkap meliputi USB (tipe A dan B) untuk presentasi dari flashdisk atau PC hingga koneksi audio-video yang umum. Sayang belum disediakan konektor HDMI pada proyektor dengan kemampuan dispai 1024x768 pixel ini (XGA).



Diantara sederet fitur yang diusungnya, EMP-1715 dengan daya 2700 ANSI lumens ini memiliki beberapa keunggulan yang mungkin menjadi nilai jualnya sebagai proyektor multimedia yang mantap. Salah satunya adalah kemampuan startup proyektor yang hanya perlu waktu 5 detik dan proyektor dapat langsung dimatikan serta dilepas kabel powernya tanpa perlu takut rusak. Fitur “Instant Off” ini dimungkinkan berkat adanya tambahan batere yang memungkinkan kipas meneruskan pendinginan lampu meski proyektor tak mendapat daya listrik lagi.



Fasilitas paling keren muncul pada fitur Wi-Fi standar 802.11 a/b/g yang memungkinkan presentasi dari notebook atau PC tanpa melalui kabel lagi. Sayangnya proses presentasi nirkabel ini diatur tersendiri melalui sebuah aplikasi khusus sehingga pengguna tak bisa seenaknya saja menjalankan aplikasi, seperti video dari Media Player untuk ditampilkan misalnya. Kelebihan proyeksi secara wireless ini juga memungkinkan displai dari 4 proyektor Wi-Fi secara bersamaan untuk menghadirkan displai secara individu maupun gabungan (layar melebar). Jika dalam kondisi tertentu perlu melakukan presentasi melalui koneksi LAN maka pengguna bisa memanfaatkan peranti tambahan (opsional) berupa unit Ethernet yang bisa dipasang dibagian modul wireless.



***

Memakai proyektor dengan fasilitas Wi-Fi tentu saja lebih praktis dan menyenangkan apalagi EMP-1715 dari Epson ini dilengkapi fitur yang sangat berguna macam startup dan shutdown cepat serta presentasi via USB. Namun kelebihan seperti ini harus ditebus cukup mahal karena teknologi displai nirkabel seperti ini memang agak rumit dan belum banyak diadopsi produk sejenis. Namun kalau bisnis Anda seringkali membutuhkan presentasi dari berbagai notebook atau jaringan wireless maka Epson EMP-1715 merupakan salah satu pilihan yang ideal. (Dedy Kurniawan-Kontributor)



---



Deretan koneksi yang tersedia termasuk port USB. USB tipe A (kanan) untuk koneksi dengan flashdisk/player dan USB tipe B (kiri) untuk presentasi dari PC tanpa melalui kabel VGA.





Modul Wi-Fi yang bisa dilepas ini dimaksudkan agar bisa diganti dengan modul Ethernet untuk presentasi melalui jaringan berkabel.





Aplikasi nirkabel untuk melaksanakan proyeksi secara wireless. File yang akan ditampilkan harus dibuka dengan aplikasi ini.

---



PLUS:

Kualitas displai 3LCD; konektivitas banyak plus Wi-Fi; startup dan shutdown cepat; bobot ringan.

MINUS:

Koneksi Wi-Fi harus dengan software khusus; mahal.



Skor Penilaian

-Kinerja : 4

-Fasilitas : 4,5

-Instalasi : 4

-Harga : 3

Skor Total : 3,95



SPESIFIKASI :

EPSON EMP-1715




Resolusi


1024x768 pixel (XGA)

Intensitas


2700 ANSI lumens

Rasio kontras


400:1

Daya lampu


170 watt UHE

Proyeksi layar


76,2-762 cm (diagonal)

Rentang proyeksi


1-12,1 meter

Audio


Mono 1 watt

Konsumsi daya (aktif/standby)


228/18 watt

Dimensi (plt)


27,3x19,3x6,8 cm

Kelengkapan


-Tas proyektor

-Modul Wi-Fi

-Kabel koneksi VGA

-Kabel power + USB

-Remote control

Bobot


1,7kg

Situs vendor


www.epson.com

Garansi


2 tahun

Harga kisaran*


US$ 1650

0 komentar:

Posting Komentar