25 Maret, 2009

DropPlay: Dengarkan Musik YouTube Bersama Teman Facebook Anda


Apa itu DropPlay (DP)? DP mendeklarasikan dirinya sebagai layanan musik streaming berbasiskan jaringan sosial yang sempurna dan akhir-akhir ini baru saja meluncurkan versi beta pada internet. Sistem pendukung yang digunakan adalah aplikasi berbasis cloud dari Facebook Connect dan YouTube API. DP merajut kedua situs tersebut menjadi satu sambil mengorganisir dan memungkinkan Anda untuk membagi musik YouTube favorit dan daftar musik yang Anda buat sendiri. Agak berbeda dari sistem milik Muziic, DP secara 100% berbasiskan jaringan, menggunakan Facebook Connect untuk menyimpan profil dan berbagi data.



Selain itu, DP juga mendeskripsikan dirinya sebagai kombinasi dari iTunes, Facebook, Pandora, dan YouTube. Interfacenya sangat sederhana, memungkinkan Anda untuk mencari musik favorit Anda dan langsung melihatnya dengan cepat. Mem-bookmark musik juga cukup dengan satu klik saja, dan mengubah musik-musik pilihan Anda menjadi satu daftar panjang serta membaginya dengan teman-teman Facebook Anda juga cukup menggunakan fitur drag&drop judul lagu ke nama teman Anda.
Kita bisa melihat kalau interface DP sangat sederhana dan menyenangkan untuk digunakan. Integrasi YouTube juga baik dan tersedia pengaturan untuk mengkompensasikan jaringan yang agak lambat. Ditambah lagi, banyak potensi bagi faktor sosialnya untuk bisa berkembang lebih jauh dengan adanya Facebook Connect. Maklum saja, karena masih versi beta, tentu saja masih agak sedikit kasar.


Kesimpulan
Pertama, sama seperti Muziic, layanan ini menggunakan YouTube secara spesifik untuk video musik (via YouTube API), tetapi tidak menampilkan iklan seperti apabila Anda menonton video tersebut langsung di YouTube. Hal ini berarti pengguna masih bisa mendapatkan segala sesuatu dengan gratis sejauh ini, kecuali jika Google mulai berubah pikiran dan akan mulai membatasi API atau lebih lagi dengan menghapus semua video musik.

Kedua, walaupun Facebook Connect sangat memudahkan Anda untuk log in, menemukan teman dan menyimpan daftar lagu, tetapi belum ada opsi ekspor daftar lagu tersebut sudah selesai. Hal ini berarti Anda akan terikat pada situs ini dan bersiap-siap saja jika suatu saat situs ini akan menghilang bersama dengan daftar musik Anda.

Terakhir, tampaknya DP masih belum memungkinkan Anda untuk merekomendasikan lagu-lagu baru yang Anda temukan dengan layanan pihak ketiga, kecuali melalui wall Facebook teman Anda. DP juga tidak menyediakan link ke video aslinya di YouTube dan pilihan berbagi lewat email atau jejaring sosial lainnya .(ReadWriteWeb)

0 komentar:

Posting Komentar