04 Februari, 2009


Nyaris semua sistem PC dan notebook sudah dilengkapi fasilitas pengolah audio secara internal sehingga tak perlu membelinya secara terpisah. Namun karena kebanyakan menggunakan chip audio, kualitas yang dihasilkan terasa agak “kering”. Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya digunakan kartu suara tambahan dalam bentuk PCI. Nah, produk Sound Blaster Play! dari Creative ini berbeda karena berbentuk stick USB.

Untuk menjalankannya, kita tinggal menancapkan perangkat ini port USB (USB kelas 1.1 pun bisa). Tidak diperlukan instalasi driver tersendiri karena Creative sudah membenamkan driver internal dalam peranti ini sehingga benar-benar mudah dipakai. Meski bentuknya mungil namun Play! telah mengusung fitur audio seperti produk audio Creative lainnya seperti CMSS untuk meng-upgrade sumber suara stereo menjadi surround, EAX Advanced HD yang memproses audio 3D agak lebih realistik, serta Alchemy yang mampu mengubah audio bersistem DirectSound 3D (DS3D) yang biasa dipakai game jenis lama menjadi audio yang lebih kaya efek di Windows Vista.



***



Membandingkan kualitas audio antara codec internal yang kami gunakan (Realtek ALC888) dengan Sound Blaster Play! cukup terasa bedanya. Komposisi audio dari Play! terasa lebih jernih dengan tingkat surround yang lebih luas, meski menggunakan speaker stereo standar. Namun tingkat kejernihan ini belum setaraf model pro lainnya dari Creative karena memang Play! Belum menyertakan fitur X-Fi. Toh begitu peranti yang kompatibel dengan input/output stereo 16-bit/48kHz ini sudah menawarkan kualitas yang cukup menyenangkan. (Dedy Kurniawan – Kontributor)



Plus : Instalasi praktis tanpa driver; dukungan fitur audio.

Minus: Dukungan koneksi surround.



Skor Penilaian

Kinerja : 4

Feature : 3,75

Kemudahan : 4,5

Harga : 4,5

Skor total : 4,06



Spesifikasi : Creative Sound Blaster Play!

Koneksi


USB 1.1

Signal-to-Noise Ratio (SNR


Input SNR: 90dB

Main Chipset


24-bit ADC: Cirrus-Logic CS65535

Features


CMSS, EAX Advanced HD, Creative ALchemy

Situs Web


www.soundblaster.com

Harga Kisaran*


Rp 330.000

0 komentar:

Posting Komentar